Saturday, 04 29th

Last updateThu, 20 Apr 2017 12am

  • Create an account
    *
    *
    *
    *
    *
    *

    Fields marked with an asterisk (*) are required.

MENCETAK WIRAUSAHA MUDA BAHASA DAN SENI

Pada hari Senin tanggal 9 Mei 2016 dilaksanakan Pelatihan Penulisan Proposal Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) & Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKMK) bertempat di Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Ardiana, M.Pd. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Acara yang dihadiri lebih dari 200 mahasiswa se-FBS Unesa ini dibuka oleh Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd. selaku Dekan FBS Unesa. Pada sambutan pembukaan Pak Dekan berpesan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan secara maksimal kesempatan berwirausaha yang semakin terbuka lebar melalui berbagai program di antaranya PMW dan PKMK.

Acara inti dibuka dengan testimoni Cynthia Lyana, salah satu pendiri Dankesoy yang juga alumni PMW Unesa yang sukses membangun usahanya dari nol. Dankesoy adalah salah satu produk PMW Unesa yang berkembang dan membanggakan. Berawal dari berjualan sendiri, kemudian membuka stand di pameran, sampai akhirnya memiliki tiga cabang dan memiliki enam pegawai. Cukuplah contoh ini untuk menumbuhkan motivasi peserta pelatihan. Materi pelatihan berikutnya adalah tentang program kewirausahaan mahasiswa, baik itu PMW dan PKMK. Selain itu, peserta juga mendapat materi tentang start up usaha. Bagaimana memulai dan memilah ide untuk diwujudkan menjadi usaha. Dan kemudian pelatihan diakhiri dengan kiat sukses penyusunan rencana usaha atau business plan. Semua materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang sudah lama berkecimpung di bidang kewirausahaan mahasiswa di antaranya Yunanfathur Rahman, S.S.,M.A., Dr. Sri Setyo Irenawati, S.E.,M.Si., & Asrori, S.S.,M.Pd.

Peserta sangat antusias terbukti dengan adanya diskusi antara peserta dan pemateri (nara sumber). Langkah-langkah lanjutan setelah terkumpul ide merupakan salah satu bahasan diskusi. Selain itu, tantangan dan ketakutan pungusaha awal juga sempat diperbincangkan antara peserta dan pemateri. Antusiasme peserta juga dibuktikan dengan keikutsertaan mereka mulai awal acara sampai akhir acara.

Pelatihan ini ditutup dengan sambutan oleh Wakil Dekan III Bapak Dr. Syamsul Sodiq, M. Pd.. Beliau langsung memberikan tantangan kepada para peserta untuk menyusun Pra Proposal Kewirausahaan yang bisa diserahkan paling lambat tanggal 16 Mei 2016. Pra Proposal Kewirausahaan ini berisi jawaban atas 5W1H terhadap Ide Kewirausahaan yang akan digagas peserta pelatihan. Dan Pra Proposal Kewirausahaan ini merupakan syarat untuk mendapatkan sertifikat pelatihan. Selain itu, sebagai apresiasi antusiasme peserta pelatihan, FBS Unesa akan membiayai satu proposal yang layak dari setiap jurusan di FBS Unesa.

Materi Pelatihan bisa di unduh di sini.....

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya
Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213
Telp/Fax : 031-7522876
Website : http://fbs.unesa.ac.id/ Email : info@fbs.unesa.ac.id

You are here: Home Kemahasiswaan MENCETAK WIRAUSAHA MUDA BAHASA DAN SENI

Hari/Tanggal : Sabtu, 19 Nopember 2016
Tempat  : Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Adriana, M.Pd.
Jam : 08.00 s.d. 15.00 WIB
Info Lengkap : Klik Disini

Hari/Tanggal : Sabtu, 12 Nopember 2016
Tempat  : Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Adriana, M.Pd.
Jam : 08.00 s.d. 16.00 WIB
Info Lengkap : Klik Disini

Hari/Tanggal : Minggu, 30 Oktober 2016
Tempat  : Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Adriana, M.Pd.
Jam : 08.00 s.d. 16.00 WIB
Info Lengkap : Klik Disini

Tanggal : 8 Oktober 2016 s.d. 19 Nopember 2016
Tempat  : Lingkungan Fakultas Bahasa Dan Seni
Info Lengkap : Klik Disini