Tuesday, 10 27th

Last updateSun, 13 Sep 2020 7am

  • Create an account
    *
    *
    *
    *
    *
    *

    Fields marked with an asterisk (*) are required.

Pembukaan PKKMB Mahasiswa Baru UNESA 2020/2021

SURABAYA-Menyambut tahun akademik baru sekaligus menandai dimulainya kembali kegiatan belajar mengajar, Universitas Negeri Surabaya telah melaksanakan acara Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan pada 7 September 2020 di Graha Unesa dengan mengadaptasi prinsip hybrid, yaitu penerapan dua sistem, tatap muka dan daring. Kegiatan perdana secara hybrid ini dilakukan dengan menyediakan fasilitas via live streaming youtube pada channel ‘KECE TV by Unesa’ dan Zoom Meeting. Sedangkan, Kegiatan tatap muka berlangsung di Graha Universitas Negeri Surabaya, dengan berbagai penerapan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan alat pelindung lain seperti face shield, serta social distancing, hingga pembatasan jumlah orang dalam ruangan. Adapun tujuan dilaksanakannya PKKMB antara lain adalah sebagai wadah bagi para mahasiswa baru untuk mengenali lingkungan kampus dan membantu mempersiapkan proses masa transisi menjadi mahasiswa yang lebih mandiri serta dewasa.

PKKMB Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan oleh 5.718 garda. Sebagai rinciannya, 876 dari Fakultas Bahasa dan Seni, 702 dari Fakultas Ekonomi, 492 dari Fakultas Ilmu Olahraga, 850 dari Fakultas Ilmu Pendidikan, 854 dari Fakultas Sosial dan Hukum, 670 dari Fakultas Matematika IPA, dan 1274 dari Fakultas Teknik. Pembukaan PKKMB via daring dihadiri secara offline oleh beberapa perwakilan saja, selainnya dapat mengakses via platform yang disediakan.

Menurut ketua BEM Fakultas Bahasa dan Seni, Robbi Gunawan, yang hadir langsung di Graha Unesa, acara Pembukaan PKKMB UNESA 2020 berjalan dengan lancar secara keseluruhan meskipun terdapat keterlambatan saat acara dimulai. Robbi juga menambahkan, bahwa acara PKKMB ini bersifat wajib karena di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang meliputi pengenalan kehidupan kampus, pengukuhan, pembekalan, dan kegiatan lain yang dapat menunjang mahasiswa untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus, apalagi di tengah pandemi covid-19 saat ini. Selain itu juga, PKKMB menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi mahasiswa agar kelak bisa mengikuti yudisium.

Sementara itu, rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan acara PKKMB Fakultas telah dilakukan oleh panitia PKKMB FBS 2020, baik secara daring maupun luring. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh panitia adalah simulasi pelaksanaan acara. Simulasi ini tentunya telah dilakukan beberapa kali, dan menjadi kesempatan bagi panitia untuk terus membenahi celah-celah yang mungkin dapat menimbulkan gangguan pada saat pelaksanaan PKKMB FBS 2020 esok harinya.

  

Pembukaan PKKMB mahasiswa baru UNESA diawali  dengan prosesi senat dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya. Selanjutnya juga diisi dengan pidato dan pengukuhan guru besar Universitas Negeri Surabaya. Terdapat beberapa rangkaian acara yang mengikuti, seperti pengenalan ormawa, sekilas pandang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada), dan para Ketua BEM Fakultas selingkung Universitas Negeri Surabaya, serta peluncuran aplikasi PKKMB yang merupakan program kerja dari BEM tingkat Universitas. Bapak Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, selaku rektor Universitas Negeri Surabaya juga senantiasa mengisi pidato untuk mahasiswa baru. Garda muda Universitas Negeri Surabaya terlihat begitu antusias mengikuti sesi upacara pembukaan PKKMB Universitas Negeri Surabaya. (7/9/20)

 

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya
Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213
Telp/Fax : 031-7522876
Website : http://fbs.unesa.ac.id/ Email : info@fbs.unesa.ac.id

You are here: Home BERITA Pembukaan PKKMB Mahasiswa Baru UNESA 2020/2021