Monday, 01 27th

Last updateWed, 04 Dec 2019 5am

  • Create an account
    *
    *
    *
    *
    *
    *

    Fields marked with an asterisk (*) are required.

Seminar Nasional Bahasa Mandarin yang Ke-8 Berlangsung Lancar

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin, Fakultas Bahasa dan Seni, Unesa menggelar acara Seminar Nasional Bahasa Mandarin yang ke-8, Sabtu (30/11). Acara bertemakan Pembelajaran Bahasa Mandarin di Indonesia ini dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari para guru, dosen, praktisi, dan mahasiswa. Acara ini juga membuka kesempatan bagi para peserta untuk mengirimkan artikel yang dapat dipresentasikan.

Bertempat di Gedung T13, Fakultas Bahasa dan Seni, Kampus Lidah Wetan ini menghadirkan empat narasumber antara lain Prof. Cheng Bangxiong dari Huazhong University of Science and Technology, Hubei, Prof. Liao Guangrong dari Hunan Normal University, Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd., M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, dan Novi Basuki, M.Ed. kandidat Doktor Sun Yat Sen University.

Sementara itu sambutan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Mintowati, MP.d., mengatakan bahwa sejumlah universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta sekarang sudah mulai membuka pintu bagi para siswanya untuk belajar Bahasa Mandarin baik S1 dan D4. Sehingga pada tahun 2015 prodi-prodi Bahasa Mandarin yang ada di Indonesia mencetuskan satu wadah berupa Asosiasi Prodi mandarin di Indonesia dan Unesa adalah salah satunya.

“Jurusan Bahasa mandarin mempunyai peluang kerja yang besar dan beasiswa dari Tionghoa juga sangat terbuka bagi mahasiswa Indonesia,” Ungkap Mintowati.

Acara dilanjutkan sesi penyampaian materi oleh para narasumber yang diawali oleh Cheng Bangxiong. Ia menyampaikan bahwa saat ini pembelajaran Bahasa mandarin di Indonesia sudah mulai dikenal dan diminati banyak siswa.

“Pembelajaran Bahasa mandarin di Indonesia terbagi menjadi 3 dekade. Dekade pertama pada 2000-2009 yaitu periode kebangkitan Bahasa Mandarin. Dekade kedua pada 2010 – 2019 yaitu periode perkembangan Bahasa Mandarin karena minat masyarakat Indonesia untuk belajar Bahasa mandarin mulai meningkat. Dekade ketiga yaitu periode dimana pembelajaran Bahasa Mandarin di Indonesia sudah merata di setiap daerah,” Ungkapnya

Dalam kesempatan tersebut Ketua Jurusan Bahasa Mandarin, Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa tujuan dari acara ini sepenuhnya memberi kesempatan kepada para guru, dosen, praktisi, dan calon pengajar bahasa Mandarin untuk berbagi pengalaman dan wawasan seputar pembelajaran bahasa Mandarin selain itu guna memperkenalkan Jurusan Bahasa Mandarin yang ada di Unesa. Kurang lebih ada 28 universitas di Indonesia yang mempunyai jurusan Bahasa mandarin dan Unesa adalah salah satunya.

“Era globalisasi membuat masyarakat semakin penting untuk menguasai bahasa asing salah satunya Bahasa Mandarin. Penguasaan bahasa asing dapat dijadikan sebagai suatu peningkatan kompetensi diri tidak hanya memasuki dunia kerja tetapi juga peningkatan kualitas akademik. Bahasa Mandarin kini telah mendunia lebih dari ratusan juta orang di dunia ini telah mempelajarinya. Jadi Bahasa Mandarin dapat menjadi alternatif untuk menghadapi dunia global,” ujar Anas.

Anas berharap dengan diadakannya acara ini mahasiswa dapat mendapatkan menggali ilmu dari praktisi baik luar maupun dalam negeri. serta mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu di dalam kelas akan tetapi juga mendapatkan ilmu dari seminar seperti saat ini. Seminar Nasional Bahasa Mandarin yang Ke 8 ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh Kajur Bahasa Mandarin kepada narasumber dan moderator.

source : www.unesa.ac.id

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Gedung T2, Universitas Negeri Surabaya
Kampus UNESA Lidah Wetan Surabaya 60213
Telp/Fax : 031-7522876
Website : http://fbs.unesa.ac.id/ Email : info@fbs.unesa.ac.id

You are here: Home BERITA Seminar Nasional Bahasa Mandarin yang Ke-8 Berlangsung Lancar

Hari/Tanggal : Senin, 28 Oktober 2019
Tempat  : Auditorium Pascasarjana Unesa Lt.9, Kampus Lidah Wetan Surabaya
Jam : 07.00 WIB s.d. 12.00 WIB
Info Lengkap : Klik Disini

Hari/Tanggal : Rabu, 30 Oktober 2019
Tempat  : Auditorium T13 FBS, Gedung T13 lt.4
Jam : 08.00 WIB s.d. selesai
Info Lengkap : Klik Disini

Tanggal : 4-8 November 2019
Tempat  : Unesa Kampus Ketintang dan Lidah Wetan